Backup dan Restore Partitions Android dengan Terminal Emulator


Post-xyZ : Cara Backup dan Restore Partitions dengan Terminal Emulator - Sebelum kita melakukan modifikasi file system android ada baiknya kita melakukan backup terlebih dulu. Ini untuk jaga-jaga jika nanti ada kesalahan setelah kita memodifikasi nya.

Dengan menggunakan terminal emulator kita bisa melakukan backup dan restore semua partisi android seperti: backup recovery.img, backup boot.img, backup system.img, dan masih banyak lagi partitions android yang bisa kamu backup.

Namun saya biasanya backup hanya system, boot dan recovery saja. Karena ketiga partition itu yang biasa saya lakukan modifikasinya. Mungkin buka saya saja sich. Heheee

Seperti judul diatas saya akan membagikan cara-cara untuk:
1. Cara Backup Partitions Android dengan Terminal Emulator
2. Cara Restore Partitions Android dengan Terminal Emulator

Kedua cara diatas saya akan coba jelaskan secara detail tapi tanpa basa-basi agar kamu tidak bosan dengan postingan saya ini. O iya maaf, cara backup dan restore partitions android ini syaratnya hp android kamu sudah di root, dan tentu harus punya aplikasi terminal emulator. Jika belum punya silakan download dibawah.

Download Terminal Emulator
Ukuran: Hanya 550 KB
Versi: 1.0.70

Link google drive

Backup Partitions Android dengan Terminal Emulator

  1. Cari partitions android yang akan di backup (letak partitions android ada di /dev/block/).
    Gunakan root explorer atau file manager lainnya. Disini saya menggunakan root explorer karena lebih mudah buat saya. Download root explorer.
  2. Buka root explorer lalu pergi ke /dev/block/
    disana lah letak semua partitions android, namun kita belum tahu mana partition boot, recovery atau system dll.
    Contoh saya akan mencari partitions boot.img: Saya akan pergi ke /dev/block/platform/soc/soc:ap-ahb/20600000.sdio/by-name (tiap hp android berbeda-beda jadi sesuaikan saja)

    Pada gambar diatas bisa kamu lihat jika partition boot.img adalah mmcblk0p25
  3. Catat atau simpan di kepala kamu mmcblk0p25. Hehe
  4. Buka terminal emulator
  5. Ketikan su, lalu izinkan
  6. Mulai backup dengan contoh backup boot.img kita tinggal ketikan:
    dd if=/dev/block/mmcblk0p25 of=/sdcard/boot.img
    Penjelasa: /dev/block/mmcblk0p25 partition boot yang akan di backup dan
    /sdcard/boot.img adalah tempat menyimpannya hasil backup
  7. Jika sudah tinggal kita lihat menggunakan root explorer di folder sdcard
  8. Selesai...

Restore Partitions Android dengan Terminal Emulator

  1. Cari target partition yang akan di restore (letak partitions android ada di /dev/block/).
    Hati-hati jangan sampai salah agar hp android kamu tidak bootloop, lihat cara diatas untuk mengetahui partitions android nya.
  2. Jika kamu sudah tau target partisi android mari kita lanjut
  3. Contoh saya akan restore partition hasil backup diatas
  4. Buka terminal emulator
  5. Ketikan su dan izinkan
  6. Mulai restore partitions android, ketikan:
    dd if=/sdcard/boot.img of=/dev/block/mmcblk0p25
    Penjelasan: Ini kebalikan dari cara backup diatas /sdcard/boot.img adalah nama partition atau file yang akan di restore, dan /dev/block/mmcblk0p25 adalah target partition android yang akan di restore
  7. Selesai
Selamat kamu sekarang sudah bisa backup dan restore partitions andoid dengan terminal emulator. Semoga postingan ini bermanfaat, jika ini bermanfaat jangan lupa share ya gan.

Related Posts

Backup dan Restore Partitions Android dengan Terminal Emulator
4/ 5
Oleh